Kamis, 08 Juni 2017

PT. Xsis Mitra Utama: Belajar yang dibayar (1)

Jadi, sesuai janji gue dari postingan sebelumnya, postingan kali ini akan gue bahas tentang tempat kerja gue, yaitu PT. Xsis Mitra Utama. Pertama kali apply, gue sama sekali gak tau profil kantornya, dan dipanggil untuk walk-interview di Jogja. Dari mulai test psikotes, test query basic dan logika, terakhir interview HRD sama orang teknikalnya. Alhamdulillah, gue lolos sebagai salah satu peserta bootcamp full stack IT consultant. Karna memang posisi itu bisa di apply siapapun dari jurusan manapun selama bisa ngerjain soal logika, hehehe. Karena ceritanya gue termasuk fresh graduate, maka gue pede aja apply posisi itu. Sebelum proses tes dimulai, dari pihak HRnya ada presentasi company profile dulu dan jelasin gimana ke depannya karir di Xsis ini. Jujur gue makin tertarik setelah dijelasin company profilenya. Tapi mohon maaf aja nih ya kalo dianggap promosi, wkwkwkwk.

Pinterest
Ini dia ceritanya~

1. Belajar yang dibayar, kapan lagi orang nyari ilmu dibayar sama perusahaan. Xsis emang perusahaan outsourcing di bidang IT. Tapi enaknya ya kita dikasih ilmunya dulu selama 7 minggu. Setelah itu barulah disalurkan ke client-clientnya. Setidaknya, disini banyak banget ilmunya. Untuk seorang fresh graduate yang belom ngebet banget nikah atau didesak buat ngelamar anak orang, this company is your the best choice. Setelah belajar dan lolos evaluasi pertama, barulah dapet hak untuk digaji.

Dua minggu pertama ini, sungguh membuat otak rada sedikit panas karena materinya. Gue yang sedari dulu agak mengabaikan pemrograman dasar macem looping, kondisi dan array. Kali ini sungguh merasa menyesal, wkwkwk. Tapi bagi yang belum pernah sama sekali ngoding, tenang ajaaaaa. Bakal diajarin dari paling dasar kok. Trainnernya udah mumpuni banget di bidangnya. Gue ngambil bahasa java untuk bootcampnya ini. Adalah mirip-miripnya kaya bahasa C dulu waktu kuliah, bedanya pake Eclipse sebagai editornya. Pelajaran pertama baru tentang logika, bener-bener ngasah logika banget. Terlihat sepele, tapi bisa bikin gue yang ngerjainnya kemana-mana mikirnya *ya apasih gin*. Sampe-sampe weekend pun gue pake buat coding, karna harus bisa ngejar banget materinya. Setelah bahas logika, yang pada umumnya perempuan seringnya pakai hati. Gue belajar query data SQL dengan Oracle. SQLnya masih yang super basic dan yang pasti ini lebih selo dibanding soal-soal logika sebelumnya. Otak gue gak sampe overheat, wkwkwkwk.

2. Ilmunya tumpah ruah, aselik. Dari orang yang awam pisan sama IT bisa jadi tau walau belum ngerti-ngerti banget. Iya sih googling kemudian baca juga bisa jadi tau. Tapi kalo di Xsis tuh kita tau dan akan terus belajar biar ga sekedar tau aja. Trainner-trainnernya ngasih tekanan-tekanan positif buat pesertanya biar banyak belajar dan banyak mencoba. Bisa karna terbiasa, dari hal sesepele ngetik masih belum bisa 10 jari pun akan diminta untuk banyak-banyak ngetik. Gak cuma soal-menyoal bidang IT sih, disini cukup mulai kerasa dunia kerjanya. Karna bisa bertemu dengan orang-orang yang makin beragam sifatnya, bahasanya, kelakuannya. Sampe gue rasa hampir setiap hari gue belajar kosakata baru, entah bahasa Padang, bahasa Jawa, Sunda, Jakarta. Pesertanya pun asik-asik, mereka punya pengalaman macem-macem di bidang IT ini. Di kelas gue ini, yang dulunya kuliah anak IT cuma 5 dari 12 orang. Jadi gue bersama 6 orang lainnya bener-bener belajar dari awal.

Kemarin adalah hari evaluasi I, akan ada peserta yang gugur kalo nilai tesnya dibawah standar. Bukan trainner juga yang ngasih ujian, tapi dari bagian Quality Controlnya Xsis. Dan hari ini, 2 dari 10 orang teman gue dinyatakan tidak lolos :(. Alhamdulillahnya gue bisa lolos untuk masuk tahap berikutnya. Akan ada lagi evaluasi di minggu ke 5, dengan tantangannya adalah mengerjakan mini project secara tim. Sudah mulai kompleks karna HTML, CSS, Javascript, Bootsrap dan sekeluarga mulai memasuki kehidupan gue. Whoaaaa, wish me luck! Makin seru dan makin banyak tantangannya.
Share:

2 komentar:

  1. Luar bisa bu lugina.... boleh lah sharing ilmunya ke orang away kaya saya wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha duhhh seremlah dikomen sama masternya, saya masih newbie mas wkwkwkwk

      Hapus