Minggu, 16 Juli 2017

PT. Xsis Mitra Utama: Mini Project = Mini Training (2)

Yak, baru sempet lagi gue nulis tentang tempat kerja gue yang sekarang. Setelah melewati minggu-minggu tegang, akhirnya gue dinyatakan lolos juga. Jadi gini kelanjutannya Bootcamp di Xsis Mitra Utama~
pinterest

Kerjakan dan hadapi
Ini tagline gue rasa cocok untuk 4 minggu paling rusuh yang pernah ada selain skripsi dan tugas akhir jaman kuliah dulu. Setelah gue lulus dari fase logic kemarin, 2 minggu gue belajar secara cepat dan singkat tentang teknologi yang akan gue pakai untuk mengerjakan mini project. Javascript, JSON, XML, Hibernate dan sekeluarga sukses bikin gue engap-engapan nerima ilmunya. Gimana caranya pokoknya dalam 2 minggu itu materi itu gue telan dulu bulat-bulat. Tibalah pada pembagian tugas pengerjaan mini project, dan gue 'diamanahkan' untuk mengerjakan 4 modul dalam project itu. Cukup merasa jadi manusia spesial karena temen gue pada ngerjain 2 modul aja. Wanakray 😭

Jadi 1 orang akan kebagian 2 modul, 1 modul master dan 1 modul transaksi. Ada beberapa dari kerjaan di mini project yang belum pernah diajarkan atau dikenalkan sih. Tapi ya itu akhirnya harus nyari sendiri aja. Gue bener-bener clueless pada 1 minggu pertama. Karena gak ngerti alur pengerjaannya harus dari mana dulu. Jujur aja baru bisa dapet ritme ngerjainnya dalam minggu kedua yang mana deadlinenya udah deket banget. Dua minggu adalah waktu super singkat buat ngerjain mini project ini bagi beginner macem gue ini. Hanya kerjakan dan hadapi aja yang bisa gue lakukan waktu itu. Doanya paling kenceng deh.

Setelah 2 minggu gue dan temen-temen ngerjain mini project, tibalah untuk mempresentasikan apa yang dikerjakan selama 2 minggu ini di depan penguji. Kelas gue baru mulai presentasi setelah Ashar, which is akan selesai malam. Sistemnya 1 orang presentasi di depan, temen lainnya duduk merhatiin dan kalo yang presentasi gabisa jawab pertanyaan penguji boleh bantuin. Dapet poin tambahan deh dari pengujinya. Masing-masing gak dipatok durasi waktu diujinya, ada  yang super cepet, ada yang lama juga kena tanya segala macem detailnya. Tapi yang penting adalah lu yang ngerjain, lu yang tau sistemnya, jawablah dengan percaya diri. Selama jawabannya gak sotoy dan keluar dari teorinya sih aman. Waktu ada pertanyaan yang gak bisa dijawab, atau disuruh untuk live coding untuk ngembangin program dan stuck jawab aja gak bisa daripada sok tau ya kan hihihi. Penting juga untuk coba dulu apa yang diminta sama penguji, kalo stuck ya sudah bilang gak bisa. Gak bakalan kena marah juga hehehe.

Daaaan sedih senang pusing melewati mini project ini jadi belajar untuk ke depannya sih. User dengan permintaan yang macam-macam dan dengan deadline yang mepet bisa jadi dan mungkin akan sering terjadi. Jadi ini lumayan untuk permulaan pelatihannya. Alhamdulillah gue bisa lolos dari ujian yang kedua ini dan berasa banget banyak ilmu dan pengalaman yang gue dapetin. Jadi tau gimana kerja tim beneran di mini project ini, gimana cara ngadepin program error yang gak kunjung berakhir, dan gimana caranya untuk ngelawan pikiran sendiri yang udah mulai pasrah waktu stuck. Such a great experience!

Yak sekian tentang Xsis Mitra Utama bagi calon-calon peserta bootcamp yang mungkin lagi cari-cari testimoni. Perihal ilmu, Xsis menyediakan banyak jalan dan banyak cara buat orang yang selalu pengen belajar dan bermental kuat. Perihal gaji, boleh kontak saya langsung di facebook saya hehe. Terimakasih!
Share:

2 komentar: