Minggu, 06 April 2014

Kromo, Ujian Bahasa Dadakan

Agak bingung sama judulnya? Gimana ceritanya gue mengunjungi kehidupan gue sendiri ya. Tapi ini bukan gue, yang dimaksud disini adalah, Gina (gue) yang berkunjung ke kehidupan Gina si kecil dari desa Turgo.

Minggu pagi, seperti biasa gue dan jendelist (panggilan buat relawan Komunitas Jendela) berbagi dengan adik-adik Turgo. Entah Turgo itu kakinya merapi atau siapanya merapi ya. Yang jelas, awal gue kesana itu ngerasa ga ada banget ujung jalannya. Pagi itu gue sampek duluan ke  Turgo sama Leila buat ngambil kunci ruangan yang biasa kita pake. Karena masih sepi anak-anaknya, gue mencoba menjemput ke rumah salah satu adik yang namanya sama kaya gue. Cuma imutan dia dari gue. Iyasih.

Sampek sana, gue ketok nih pintu rumah sambil ngucapin salam. Ada jawaban tapi dari sebelah rumahnya Gina. Gue pikir, memang Gina masih tidur di rumah yang sebelah itu, karena kemaren bilangnya kalo tidur di rumah sebelah. Disinilah ada tantangan gue sebagai pengembara di Kota Yogyakarta. Apa itu ? Have a chit chat using Kromo. You know ya everybody, adalah tantangan untuk berbicara dengan orang yang gak bisa bahasa Indonesia dan dia terus menggunakan bahasa Jawa Kromo. Ditambah yang mengajak gue ngobrol  ini adalah seorang eyang yang sudah begitu rapuh tulangnya, habis giginya. Jadi dia adalah eyangnya Gina. Dimulailah ujian bahasa Kromo ini.

Mbah : Oh.. Mbak! bcdsuagf8363hdfknfjasb58duiaiwowdnka *karena gue ga ngerti sama sekali artinya dan ga inget Mbah bilang apa ke gue*
Gue : Oh uhun mbah, eh Nggeh mbah kulo ........ mau cari Gina, Mbah. Gina nya ada?
Sekian, oke akhirnya gue jujur sama Mbah kalo gue ga bisa bahasa Jawa dan lumayan ngerti sedikit bahasa Jawa. Mbah mungkin gak bisa juga bahasa Indonesia jadinya nggeh nggeh aja. Niatnya mau lanjut jemput yang lain, Mbah maksa gue buat makan semacam comro yang terbuat dari singkong. Kemudian Mbah ini ngambilin gelas, gue jadi ngerasa ngerepotin. Gue pun mencoba bahasa Jawa lagi.
Gue : Aduh mbah, mboten nopo-nopo *sambil ngambil gelas di tangannya mbah* 
Mbah bales gue dengan bahasa Kromo lagi yang gue juga ga ngerti apa. Gue malah mau dibuatin teh manis, gue tolak lagi. Gue minta air putih aja jadinya. Setelah itu Mbah mulai meracik sepah-an dia yang terbuat dari daun sirih, kapur dan lain-lain. Sambil gue ajak ngobrol, kemudian mbah menanyakan 1 hal tentang gue. Ini gak sulit cuma agak rumit.

Mbah : bla bla bla jeneng ?
Gue : ha? nopo mbah? Jeneng? Nama? atau Asal?
Mbah : *sambil bingung* Jeneng?
Gue : oh, kulo Gina Mbah.
Mbah : *masih bingung*
Gue : Nggeh mah, kulo Gina.
Dor! Mbahnya pun baru ngerti kalo nama gue juga Gina. Akhirnya Tuhan, kau mempertemukanku pada satu titik dengan mbah. Gue pun penasaran Mbah berapa umurnya. Ternyata pemirsa dan setanah air, Mbahnya Gina berumur 100 tahun. Subhanallah. Gue langsung berasa mau nangis disitu karena fisiknya dan kemampuannya tidak menggambarkan 100 tahun hidupnya. Mbah cerita kalo dia masih bisa nyangkul, ngasih makan 4 ekor kambingnya. Karena memang gue liat mbah itu masih seger banget badannya deh. Dan rasanya cukup kaget aja, gue mahasiswi yang masih gadis berumur 21 tahun lagi berbicara dengan yang dulunya juga sorang gadis berumur 100 tahun. 79 tahun yang lalu, Mbah ini seumuran gue loh! How amazing!

Tiba saatnya gue mau pamit tapi bingung gimana bilangnya. Akhirnya gue pake bahasa Indonesia aja. Kemudian mbah malah maksa gue biar habisin makannya, disitu ada 5 buah comro lagi. Wuaduh, gue tau ini pasti kaya gini. Soalnya kalo orang Jawa nawarin makan atau minum pasti sedikit maksa. Gue bilang aja acara di PAUD udah mau dimulai. Mbahnya gatau ngomong apa, nadanya kaya gitu. Setangkepnya otak gue adalah. "Haduh mbak udah sih mampir dulu aja kok buru-buru banget". Gitu. Kurang lebih.

Selesailah gue dengan tantangan bahasa Kromo! Jadi semakin termotivasi biar bisa bahasa jawa kromo, biar bisa tau cerita mbahnya sejak jaman dulu.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar