Minggu, 10 November 2013

An Effort

source:foryouyouyou.tumblr.com 

Hari ini dan kemarin, gue bertemu dengan beribu-ribu wajah asing yang luntang lantung untuk mencari kesempatan untuk perubahan hidup mereka masing masing. Insan - insan muda yang mencoba untuk mencari celah dan peruntungan di "warungnya" bapak dan ibu berkemeja berdasi. Kalian tau? disana gak sama sekali keliatan orang yang ber-IPK cumlaude dan yang dibawah 2,75. Semua sama bau keringat mondar-mandir nyari celahnya masing-masing. Demi apa? Semuanya demi menghidupi hidupnya yang masih redup. Gue? masih padam, belum mencoba untuk hidup sedikit pun. Bahkan ada yang mungkin dia lulusan jurusan yang kurang banyak lowongan kerja, kemudian dia pasrah dengan mencoba apply job di posisi yang menerima semua jurusan.

Oke dengan begitu gue mau share sedikit, sebenarnya apa sih jurusan yang paling banyak dibutuhkan ? Khususnya yang ada di job fair gitu. Untuk peringkat pertama tentunya ada Teknik. Teknik emang paling jaya, karena di perusahaan obat sekalipun, mereka pasti butuh seorang engineer untuk sekedar maintenance atau posisi utility staff. Tentunya semacam perusahaan tambang, batu bara udah jelas banyak membutuhkan engineer. Selain itu, dari management, akuntansi dan ekonomi kayanya ada di peringkat kedua. Perusahaan manapun perlu seseorang yang ahli dalam memuat strategi marketing, dll. Dan selanjutnya di posisi 3 ada Psikologi. Lulusan psikologi ini tentunya dibutuhkan menjadi HRD perusahaan tersebut.

Nah, buat yang belum kuliah mungkin, memang ga ada salahnya memikirkan jurusan kuliah dan kerja ke depannya itu dari sekarang. Gak rugi. Rugi kalo nyesel salah jurusan. Walaupun memang sebenarnya menurut gue gak ada yang salah jurusan. itu jalan lo. Tuhan udah ngasih jalurnya buat lo. 

Karena Tuhan tau, usaha lo cuma sebatas apa yang lo dapatkan. Karena usaha kita, ga akan pernah mengkhianati kita.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar